Metode Praktis Cara Menjual Properti

Jurus Memasarkan Properti Secara Offline dan Online 

1. Sebar Brosur. 

Jurus pemasaran perumahan dengan membuat brosur seperti menjadi membaca kitab suci bagi umat beragama, hukumnya wajib. Brosur merupakan media yang sangat praktis untuk mengkomunikasikan tentang produk kita kepada konsumen. Memang ada developer yang out of the box yang tidak menggunakan brosur dalam pemasaran produknya, tapi yang berani seperti ini tidak seberapa.

2. Bikin Spanduk, Baliho, Billboard. 

Setali tiga uang dengan brosur, spanduk, baliho dan billboard juga merupakan marketing tools yang wajib bagi developer. Terasa hambar jika perumahan yang sedang dipasarkan tanpa dilengkapi spanduk dan kawan-kawannya. Media promosi ini berguna lebih untuk memberikan pesan kepada masyarakat bahwa ada perumahan yang sedang dipasarkan, karena media ini merupakan media outdoor, di tengah keramaian. Disain spanduk dan billboard yang eye catching akan mengena di hati para pelihatnya, dan akhirnya membuat mereka ingin tahu tantang yang diiklankan.

3. Bikin Umbul-Umbul. 

Setali tiga uang lagi dengan media-media promosi di atas, umbul-umbul juga merupakan media promosi out door. Perbedaan dengan spanduk, baliho danbillboard hanyalah pada disain dan penempatan. Jika spanduk, baliho dan billboard bisa berlokasi di mana saja, maka umbul-umbul ditempatkan di lokasi proyek. Kesan yang ingin ditimbulkan dengan pemasangan umbul-umbul ini adalah suasana yang meriah dan memberikan pesan bahwa proyek betul-betul ada dan sedang berjalan.

4. Bikin Event Pameran. 

Pameran bisa dibuat di lokasi keramaian seperti pasar, mall atau kantor tertentu yang sudah ditetapkan sebagai target market.

5. Direct Selling. 

Merupakan penawaran langsung kepada pangsa yang dituju. Direct selling bisa dilakukan dengan mengundang calon konsumen dengan surat resmi bisa juga dengan mendatangi target secara langsung dan minta ijin mempresentasikan produk kita.

6. Posting Saja Membabi Buta di Medsos: Facebook, Whatsapp, BBM. 

Facebook merupakan media sosial gratisan yang diperbolehkan kita memposting apapun dan kapanpun. Selama postingan sesuai dengan Terms of Service (TOS) mereka ngga masalah beriklan sepanjang hari di Facebook, tetapi dalam bentuk postingan status. Pokoknya posting terus barang dagangan tiap hari. Medsos lain yang cukup efektif adalah WhatsApp yang memiliki pengguna sangat banyak di Indonesia. Bergabunglah di grup-grup WhatsApp bisnis atau grup apapun dan posting disitu. Selain dengan FB dan WA, beriklan dengan memanfaatkan BlackBerry Messenger (BBM) juga memberikan dampak yang bagus, bahkan dampaknya lebih lebih baik karena bisa pasang status gonta-ganti tiap detik dan setiap pergantian itu akan muncul terus di feeds-nya teman BBM kita. Jika ada yang tertarik maka teman tersebut akan menanyakan yang distatuskan. Lebih ekstrim lagi kirim pesan broadcast kepada seluruh kontak kita tiap hari. Jika ada yang tidak suka dan merasa terganggu dengan pesan broadcast Anda, paling doi hanya delete contact Anda, selain itu tidak ada kerugian kita.

7. Email Marketing. 

Mirip-mirip dengan beriklan di media sosial, beriklan dengan email adalah menawarkan produk kita secara langsung melalui email. Tentu saja Anda harus memiliki alamat email tujuan terlebih dahulu.

8. Bikin Blog. 

Membuat blog merupakan cara efektif untuk memasarkan produk kita. Blog bisa dibuat secara gratisan di blog platform yang menyediakan layanan blog seperti blogdetik.com, blogspot.com, wordpress.com dan lain-lain, bisa juga dibuat dengan Top Level Domain (TLD) yang berbayar. Bayarnya berupa beli domain dan sewa hosting. Blog dengan TLD ini lebih dikenal dengan istilah self hosted. Dengan blog TLD ini, dampaknya luar biasa karena memberikan kesan professional ketimbang di platform gratisan yang terkesan murahan. Ibaratnya punya toko sendiri dibandingkan dengan numpang di toko orang lain.

9. Datangkan Traffic ke Blog. 

Sebagus apapun blog kita, tetapi jika tidak ada yang mengunjungi sama sajaboong. Tujuan kita buat blog adalah supaya produk yang kita tampilkan di blog dapat dibaca oleh orang lain. Mendatangkan traffic bisa dengan posting diFacebook, BBM, WhatsApp atau media sosial lainnya. Ada lagi ilmu yang namanya Search Engine Optimization (SEO) untuk mendatangkan traffic ke blog kita. Yaitu bagaimana kita mengoptimasi blog kita supaya berteman dengan robot Google dan menempatkan blog kita di bagian atas atau sekurangnya halaman satu Search Engine Result Page (SERP). Karena kecenderungan pencari di internet, mereka akan membuka website yang berada di posisi teratas lebih dulu, jika merasa belum menemukan yang mereka cari maka mereka mencari lagi pada website yang tampil di bawahnya, paling banyak hanya tiga teratas yang akan dilihat. Jika tidak menemukan apa yang mereka cari maka mereka akan mencari lagi dengan kata kunci berbeda.

10. Beriklan di GoogleAdwords (GA).

Jika memposting di medsos merupakan cara praktis untuk memasarkan produk kita kepada orang yang menjadi kontak kita, maka beriklan denganGoogleAdwords adalah beriklan kepada khalayak ramai berupa pengguna internet yang sesuai dengan target pasar yang dituju. GA adalah jenis iklan yang menerapkan metode pay-per-click (PPC), bayar per-klik. Jadi kita akan ditagih simbah kalo ada yang klik iklan kita. Anda harus menyiapkan anggaran khusus untuk beriklan di GA.

11. Beriklan di Facebook Ads. 

Sama dengan beriklan di GA, beriklan di Facebook Ads merupakan salah satu cara memasarkan produk kepada target yang dituju. Pengaturan iklan di FB memungkinkan iklan kita hanya tampil pada orang dengan kriteria tertentu, misalnya kriteria target market kita adalah orang yang berumur 40 tahun sampai dengan 65 tahun. Dengan demikian iklan tidak tampil kepada orang yang berusia di luar yang dituju. Anak-anak alay yang berumur belasan tahun tidak bisa melihat iklan kita, dengan demikian iklan terhindar dari klik yang tidak perlu secara FB Ads juga menerapkan PPC dalam program periklanannya. Karena anak alay mana mungkin bisa beli rumah. Ya kan? Hehehehe.

12. Beriklan di Website Jual Beli Properti. 

Cara ini gampang sekali karena si pemilik website sudah menyiapkan mekanisme untuk beriklan, termasuk syarat-syarat pelayanan. Ada yang menerapkan membership yang berbayar ada juga dengan keanggotaan gratis. Search saja di internet, Anda akan menemukan banyak sekali website jual-beli properti.

13. Tinggalkan Kontak Anda. 

Setiap Anda beriklan tinggalkan kontak Anda sehingga peminat dapat dengan mudah menghubungi Anda. Jika dieksplor lebih jauh tentu masih banyak strategi lain yang bisa diaplikasikan karena pemasaran bersifat universal. Kita boleh menggunakan cara dan toolsapapun karena pada dasarnya memasarkan adalah mengkomunikasikan produk kita kepada calon pembeli sebanyak-banyaknya dan setarget-targetnya.

Demikian jurus-jurus pemasaran properti yang bisa dimainkan… hanya satu kata kalau ingin sukses memasarkan properti Anda… MAINKAN!!!

Comments

Popular posts from this blog

Rumah Minimalis Lembah Hijau Mertoyudan Magelang

Tanah Kavling Kerekan Tegalrejo Magelang

Rumah Pakelan Strategis Mertoyudan Magelang